Langsung ke konten utama

KEPULAN ASAP DI TENGAH PATAH HATI - ARDIAN SAPUTRA

Gak ada rokok bikin gua planga-plongo. Di luar rumah gua bengong, di dalem rumah gua bego.

Gara-gara lubang hidung gua belom kena asap. Yaudah gua buka kulkas, gua hirruuup asapnya. Setelah itu gua "celeng", di dalam kulkas ada lem. 
Gua pernah pusing seharian gara-gara roko gua gak ada di kamar, gua bingung nyari kemana lagi. Yauda gua ke warung, gua bilang ke ibu nya ;

"Bu beli rokok"
"Gak ada mas" 
"Abis ya bu"
"Adanya Lem nih Mas"
"LEM LAGI ?"
"Kalo itu suami saya yg jual, Saya jaga material"
"oh maaf maaf bu, 1 tempat soalnya, gak liat saya"

Akhirnya gua beli lem, buat gua taro lagi di kulkas. Setelah itu gua beli suaminya eh rokoknya dan langsung pulang. 

Ada yg bilang kalo ngerokok bisa bikin keren, kenyataannya kagak. Liat gua sekarang! 
DIMANA KERENNYA? 

Waktu itu umur gua 15 Tahun [1 SMA], lagi nongkrong di kebun yg terkenal dengan semut merahnya sama teman-teman gua yang udah pada ngerokok.

Gua liatin teman gua si Bakri yang baik akhlaknya tetapi nilai sekolahnya jeblok terus, pas dia hisap, dia hembuskan lalu asapnya gua perhatiin keluar angka nol. Gumam
gua waktu itu 'anjir, ngedalemin karakter banget ni orang'.

Terus gua liatin lagi teman gua yang lain, ada yang biasa aja ngeluarin asapnya lewat hidung seperti "kerbau ngamuk". Lalu si Johan yang hobi panjat pohon keluar gambar monyet. Gua senyum-senyum aja ngebayangin. Itu kalau ada yang gila "pakong" bisa di pasangin.

Seketika gua teringat kata-kata, kalau kelakuan seseorang bisa di lihat dari teman-temannya. Gua ngeri, mulai degdeg kan, jangan-jangan habis mereka bisa jadi gua selanjutnya. 

Gua mulai cari alasan buat cabut, 'aduh perut gua mules, gua cabut dulu yak' broot tegas pantat gua yang mengeluarkan wangi-wangian dan menyatu dengan asap-asap penuh depresi. Lalu gua bangun, pas gua berdiri, baju gua ada yang narik, panik gua, 'TTIIDAAAK'.

Gua lihat ke belakang ternyata teman gua yang ngeluarin gambar monyet tadi yang narik baju gua. 'HAAAH, TOLOONG, AKU TIDAK MAU MENJADI MONYET, TUHAAN'. Lalu gua terlepas ketika kaki dia di gerumutin semut kebon.

Tapi akhirnya gua ngerokok juga di moment gua lagi patah hati karena di putusin Yanti, cewek gua yang cantik tapi kalau Sholat Tarawih ketawa mulu kalau melihat gua.

Awalnya gua, cewek gua, dan teman-teman gua lagi mengaji, gua bertanya tentang menikah tetapi jawabannya menyerempet ke pacaran.

Dia mutusin gua pas gua anterin dia dan temannya pulang mengaji. Di dalam perjalanan, di lorong yang minim penerangan tiba-tiba dia bilang "Ardi, maaf yak, kita udahan aja. Kamu dengar kan, tadi ustad bilang apa? Jangan dekati zina". Jleeeg, Gua lemas mendengarnya tapi masih kuat berlari.

Suasana seketika berubah menjadi sendu. Hujanpun turun, petir dimana-mana, terdengar suara dari rumah di samping kita bertiga "Tak perlu kau beri alasan, mengapa kau ingin pergi meninggalkan diri ku". Seolah gelapnya malam menyatu dengan ke tidak relaan ku. 

Setelah gua di putusin dengan alasan "Dia takut dan gak mau dekati Zina", maka gua lupakan dia dan mulai mendekati Bapaknya.

Besoknya di siang hari ketika gua berangkat sekolah, di pertengahan jalan gua melihat rombongan anak SMP pada ngerokok, bahkan yang cewek juga ada yang ikutan. Gile ndro, Gayanya Sok Cool banget, gua taksir usia mereka 12 sd 13 tahun.

Tapi gua kasihan sama mereka yang di kasih duit sama orang tuanya tapi malah di belikan rokok. Yaudah gua sebagai pemuda yang usianya di atas mereka ngambil tindakan agar supaya duit mereka gak di jajanin rokok lagi. Gua palakin aja duit dan rokok mereka. Setelah duitnya terkumpul, gua belikan aja "Bon Cabe", lalu gua kasih mereka sambil bilang "Kalian ngisep ini aja yak". Bersin, Bersin dah kalian.

Becanda gua barusan.

Aslinya gua biarin aja mereka begitu sambil berharap semoga mereka bisa berhenti merokok dan mulai menabung buat beli ganja.

Tapi sekarang, gua bergumam. Setiap gua jalan pulang sendirian, gua bertanya-tanya sendiri, "Adek gua yang cewek ngerokok gak yak? ". 

Gua punya adek cewek, bontot, sekarang dia kelas 3 SMP. Belakangan ini gua kefikiran n hawatir sama dia, takutnya dia terjerumus, gua gak mau. Tapi gua baik sangka aja sama dia, gak mungkin lah dia ngerokok, minum es kebanyakan aja dia meriang 4 hari 4 malem gimana kalo dia ngerokok.

Gua pertahankan husnuzhon itu walau kadang-kadang kalau gua lagi jalan sendirian suka kefikiran yg enggak-enggak ke adek gua. Pas dirumah, gua ke kamar adek gua, ada dia disana.

Jedaarr, jantung w mau copot. Gua nemuin rokok yang ditutupin guling di kasur dia, gua kaget, gua langsung tanya dia dengan tegas
"DINDAA, INI ROKOK SIAPA?" dia jawab "LOH ITUKAN ROKOK AA" 

"HAH"
dalam hati gua "PANTES DI KAMAR GUA ENGGAK ADA." Ternyata gua lupa naro.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan kode rumus Chord Minor

Untuk kalian pemain musik pemula, ane mau kasih pengetahuan tentang rumus-rumus chord bila kamu bermain di chord Minor maupun Mayor .. Kumpulan kode rumus Chord Minor . Cm : G Gm G# Bb Fm F D# Dm : A Am Bb C F Gm G Em : D C B Bm Am A G Fm : E D C# C#m Bm B Gm : F D# Dm D Cm C Bb Am : G F Em E Dm D C Bm : G F# F#m D Em E A C#m : G#m G# A F# F#m E D D#m : C# B Bb Bbm G#m G# F# F#m : E D C# C#m Bm B A G#m : F# E D#m D# C# C#m B Bbm : G# F# F D# D#m C# Kumpulan kode rumus  Chord Mayor C : G Am F Em Dm Fm D : A G F#m Bm Em Gm E : A B C#m AM G#m F#m F : C Bb Am Dm Bbm Gm G : Am Bm C D Em  Cm A : C#m D E G#m D#m C#m B : F# Em E G#m D#m C#m C# : G# F# F Bbm D#m F#m D# : Bb G# G#m Gm Cm Fm F# : B C# Bbm D#m G#m Bm G# : C# D# Cm Fm Bbm C#m Bb : Dm D# F Cm D#m G#m Nah .. Inilah Rumus-Rumus kunci dasar Minor maupun Mayor,. Semoga Bermanfaat.. Bravo Musik Indonesia...

Belajar Chord Keyboard

" Gue Pengen Bisa ...! " inilah yang ada di benak gue untuk menguasai teknik bermain keyboard.. Sebelumnya gue kaga bisa bermain musik,. kecuali yang w kerjain hanyalah cuma mendengarkan saja.. Tetapi setelah bokap gue belajar memainkan keyboard, akhirnya gue ikut tertarik.. Gue di ajarin Olehnya, waktu itu gue baru duduk di kelas 2 SDN DARUSSALAM kota Tangerang. Nah, berawal gue di ajarin tentang nada-nadanya,. dan setelah gue bisa, w cari lagi cara yang baru yaitu Chord'nya. Ini Gambar Chord Keyboard Yang boleh dapet di Mbah Google Gambar : Ok, sudah selesai gue basa-basinya,. Sekarng gue mau berbagi Chord yang gue ketahui.    Chord Mayor        C     :    C-E-G    D     :    D-F#-A    E     :     E-G#-B    F     :     F-A-C    G     :    G-B-D    A     :    A-C#-E       B     :    B-D#-F#    C#    :    C#--F-G#    D#    :    D#-G-Bb    F#    :    F# - Bb - C#     G#    :   G# - C - D#    Bb    :    Bb-D-F   Chord

BAPAK DENIS - ARDIAN SAPUTRA

 “ Belokin, Belokin! Jangan lurus aja entar nabrak tembok “ Seru Denis kepada Satria yang bermain remot control di ruang tamu rumah Satria. “ Iya iya ini gua belokin, tenang aja ngapa “ saut Satria. Datanglah Bapaknya Denis yang terlihat oleh mereka di depan pintu, “ Denis, ayok ikut Bapak, kita main “ tanpa berfikir Panjang, Denis pun meng-iya-kan dan langsung pamit kepada Satria. “ Pak pak, denis mau punya mobil remot kaya Satria “ Denis memohon dengan perasaan yang sedikit iri. “ Iyak sabar yaah, nanti kita beli “ Balas Bapaknya Denis dengan senang. Tangan Bapak Denis yang hitam dan postur badannya yang kurus itu masih kuat menggendong anaknya menuju ke jalan raya. Bapak Denis pun mengulurkan tangan ke mobil angkutan kota mengisyaratkan akan naik. Di dalam angkutan yang ramai dengan penumpang ibu-ibu dan sedikit lelaki tua. “ Anaknya lucu banget yak pak, siapa Namanya “ sapaan awal lelaki tua kepada Bapaknya Denis. “ Denis, kamu di tanyain nama kamu siapa, Ayok jawab! “ Ucap B